Dunia Gak Berhenti Karena Google Maps Mati

Kadang, karena kita udah kebiasa hidup sebelahan sama teknologi, jadinya gak bisa jauh-jauh dari mereka. Dan Jakarta, cocok banget sama teknologi bernama GPS.

by TOGETHERWHATEVER

Kadang, karena kita udah kebiasa hidup sebelahan sama teknologi, jadinya gak bisa jauh-jauh dari mereka. Dan Jakarta, cocok banget sama teknologi bernama GPS. Karena jalanannya yang rudet, macet dan banyak banget jalan pintas. Cuma cab driver dan ojek rider doang rasanya yang paling paham seluk beluk jalan pintas di Jakarta. Bahkan, rasanya mereka bakal bersyukur banget kalau aja GPS udah ditemuin dari dulu!

Nah buat kita yang cuman tau jalanan itu lagi - itu lagi, pasti rajin banget pake aplikasi berGPS kayak Google Maps kalau cari jalan pintas. Tapi yang namanya teknologi, gak lepas dari kekurangan juga! Bahasa teknisnya disebut malfunction, tapi kalau kita pasti nyebutnya error atau nge-lag kayak “duh elah error mulu dah” atau “ini apaan sih udah di-restart masih nge-lag aja”.

Sebenernya, dengan berbagai fitur andalan dari Google, satu aplikasi ini udah cukup banget. Tapi balik lagi, kalau waktu teknologi tempat kita bergantung ini lagi error, mau gak mau kita harus improvisasi. Salah satu cara urgent adalah punya cadangan aplikasi.

  1. Waze

    Ini salah satu alternatif yang paling laris terutama di Jakarta karena fiturnya yang kepake banget. Contohnya adalah traffic alert, kecelakaan, penutupan jalan, dan informasi penting lainnya. Bahkan ada satu fitur gokil lagi: Planned Drive, yang bakal ngasih tau kita jam berapa harus berangkat. Waze akan menghitung secara otomatis berdasarkan tingkat kemacetan.

    Aplikasi ini juga punya fitur turn-by-turn voice direction. Tapi sayangnya, fitur ‘maps’ gak berfungsi kalau smartphone kita offline.  (iOS | Android)

  2. CoPilot

    Berikutnya ada CoPilot, salah satu aplikasi berbayar yang bisa berfungsi waktu smartphone goes offline. CoPilot ini bakal lebih maksimal penggunaannya kalau kita lagi berada di luar negeri, tanpa wifi, dan gak punya paket internet.

    Fiturnya juga lumayan lengkap. Ada turn-by-turn voice directions, penunjuk arah khusus jalur sepeda, dan jalur pedestrian. Ada juga fitur speed alert yang bakal ngingetin kita kalau udah hampir nyentuh batas kecepatan kendaraan. (iOS | Android)

  3. HERE Wego

    Aplikasi ini lahir bukan dari startup technology, tapi dari perusahaan induk udah berdiri dari 30 tahun lalu. Kayak aplikasi GPS lainnya, HERE Wego bisa dipakai buat nyari jalan, traffic information, dan lain-lain. Standard lah ya. Tapi gedung-gedung yang ada di maps-nya ini berbentuk 3D dan walaupun offline tetep bisa nyari rute.

    Aplikasi ini gratis. Dan karena bisa dipake waktu offline, jadi kita bisa tetep cari jalur alternatif. Dan kita bisa pilih sendiri rute yang kita mau, manually, karena jalur yang muncul bukan jalur pilihan si teknologi. (iOS | Android)

  4. GO-JEK

    Aplikasi ini gak sembarangan. Dari sekedar transportasi, bisa ngerambah ke semua sisi. Tau sendirikan apa aja? Tapi di sini kita fokus dengan jalanan. Aplikasi ojek online ini punya maps pastinya. Dan itu yang akan kita manfaatin kalau-kalau Google Maps lagi error.

    Kita tinggal pura-pura buat order sesuatu, set asal dan tujuan, terus keluar deh rutenya! Kalau gak sesuai, kita bisa ulik sendiri jalanan-jalanan yang ada di maps tadi, manually. (iOS | Android)

Jadi, jangan takut tersesat di jalan. Karena tanpa Google Maps, masih ada aplikasi lain yang bisa digunain buat nyari rute ke tujuan! Punya rekomendasi aplikasi lain? Atau ingin mendapatkan technohack tips lainnya?

Sumber: https://www.techlicious.com/tip/best-navigation-apps/

Setuju sama tulisan di atas? Atau punya opini lain? Tulis opini lo di sini

dan dapetin 500 Whatever Points.

TOGETHERWHATEVER

Temen buat explore dan temuin pengalaman baru setiap hari

You May Also Like:

Image

Fitur-fitur Canggih di Tech Product Ini Bikin Hidup Lo Makin Simpel

By TOGETHERWHATEVER

2017 emang udah berakhir, tapi tahun itu bisa dibilang cukup keren buat lo yang tech savvy

Image

Cara Bikin Home Theater Di Rumah Jadi Rasa Bioskop

By TOGETHERWHATEVER

Apa sih yang bikin nonton di bioskop itu spesial? Sound? Layar? Kursi? Filmnya? Atau suasana? Sebenernya semua bisa didapet dengan versi yang bahkan lebih nyaman, di rumah, pake bantuan home theater.

Image

Selebgram Mesti Tau, Ini Tujuan Instagram Ngenalin Fitur "Paid Partnership"

By TOGETHERWHATEVER

Ngeh nggak sih kalau belakangan Instagram makin banyak iklan?

Image

Jakarta: Ibu Kota Social Media

By TOGETHERWHATEVER

Orang Jakarta terkenal aktif banget mainin social medianya. Bener gak sih?

Image

Ini Empat Cara Ampuh Buat Ningkatin Value Postingan Lo di Instagram

By TOGETHERWHATEVER

Strategi ampuh buat lo mempertahankan eksistensi di Instagram!