Cara Identifikasi Fake Account di Instagram

Mau tau caranya bikin Instagram lo bebas dari fake account yang menjamur?

by TOGETHERWHATEVER

Instagram sekarang ibarat masih jadi primadona di kalangan pengguna media sosial. Fitur baru yang terus dimunculkan membuat medsos ini semakin atraktif dan interaktif. Makanya, jangan heran feed di lini masa lo semakin banyak yang abstrak, karena daya tarik ini juga mengundang orang-orang untuk ngebuat fake account Instagram.

Overall, feed yang ada di Instagram lo emang berasal dari akun-akun yang kita follow. Tapi, kadang nih, ketika lo "kesetanan" asal follow, terus lupa biasanya akun yang lo follow itu postingannya enggak selalu positip. Kalau itu bukan temen-temen lo sih, gampang banget buat unfollow akunnya. Pe'er-nya justru kalo temen-temen lo sendiri yang bikin postingan aneh-aneh. Biasanya rada enggak ens buat unfollow mereka tuh pasti.

Baca juga: Selebgram Mesti Tau, Ini Tujuan Instagram Ngenalin Fitur "Paid Partnership"

Tapi, jangan khawatir ya, Guys. Sekarang, Instagram udah ngeluarin fitur baru yang dikasih nama 'mute'. Fitur itu nanti bisa ngebuat lo ngindarin postingan-postingan teman lo yang gak pengen lo lihat. Caranya gampang banget. Nih, step-stepnya:
    •    Pertama: Tap menu tiga titik atau "hamburger" yang ada di ujung atas kanan dari postingan yang pengen lo mute. Setelah itu ada menu mute, dan tinggal klik aja.
    •    Setelah klik opsi mute, ada opsi tambahan yaitu, mute posts, mute story atau mute posts and story. Tinggal pilih mana yang pingin lo mute, udah deh kelar. Lini masa bakal bersih dari postingan teman lo tersebut.

Gampil gak? Iyes. Nah, tapi sekarang masalah di Instagram gak berenti di masalah feed nyebelin itu doang. Ada kalanya juga nih, banyak akun yang gak jelas dan bahkan palsu. Sebagai pengguna,lo harus pinter-pinter buat identifikasi akun tersebut asli atau palsu.

Baca juga: Spot Instagram-able Ini Mungkin Ada Di Kampung Halaman Lo!

Akun palsu di sini maksudnya, akun yang bukan punya si pemilik akun beneran. Paling banyak si akun palsu ini dibuat di kalangan artis-artis. Kalau buat bentuk lucu-lucuan dari penggemar si pastinya gak apa-apa Guys, yang jadi masalah kalau akun tersebut dipakai buat nipu.

Terus, caranya gimana dong buat bedain akun asli sama akun palsu? Nih ada beberapa cara lagi dari TogetherWhatever buat identifikasi akun-akun macam itu. Jadi, lo gak perlu khawatir nanti ketipu ato kejebak sama mereka.

Verifikasi akun

Ini bisa jadi cara paling ampuh untuk nyari tau akun itu fake ato enggak. Kalo ada tokoh publik, misalnya, baiknya tinggal liat tanda verify akunnya ada ato enggak. Kalau gak ada, lo patut waspada karena jangan-jangan itu akun tuyul!

Minim engagement

Minim engagement di sini maksudnya, si pemilik kurang adanya interaksi antara yang punya akun sama followernya. Malah sampe ada yang berantem di komen, tapi pemilik akunnya diem aja boam. Kalau followernya banyak, tetapi di tiap post jumlah likes sedikit, nah ini juga patut dipertanyakan tuh akun palsu ato enggak.


Baca juga: Biar Makin Fun, Ini Fitur-fitur yang Mesti Ada di Instagram!

Jumlah post dikit

Biasanya, kalo elo enggak terkenal-terkenal amat macam artis, followers itu didapet karena isi feed akun kita menarik. Tul gak? Nah, kalo tiba-tiba lo ngeliat akun punya followers ratusan, tapi cuma punya 10 post, please siapin tomat buat ngelempar si pemilik akun karena bisa jadi itu akun hoax.

Follow banyak akun

Instagram ngebatasin jumlah user yang bisa kita follow, cuma 7.500 doang. Nah, ini bisa jadi cara ampuh juga juga ngecek itu akun palsu ato enggak. Biasanya, artis-artis yang followersnya nyampe jutaan, palingan cuma follow 1.500 sampe 2.000 akun doang. Nah, kalo lo tiba-tiba ngeliat akun ada jumlah follow-nya hampir 7.500, tapi enggak didukung sama poin-poin di atas juga, bisa jadi itu akun hoax karena sesama fake account Instagram itu biasanya bakal saling follow-followan.

Nah, itu dia beberapa cara identifikasi akun palsu di Instagram. Semoga bisa diterapin dengan optimal ya Guys. Lo punya cara laen gak? Coba share di sini ya. Nanti bakal ada reward menarik buat lo sama temen-temen.
 

Setuju sama tulisan di atas? Atau punya opini lain? Tulis opini lo di sini

dan dapetin 500 Whatever Points.

TOGETHERWHATEVER

Temen buat explore dan temuin pengalaman baru setiap hari

You May Also Like:

Image

Tips biar OOTD lo bisa banjir love di Instagram

By Amalia Hanum

Jadi jangan asal jepret dan unggah dulu yaa!

Image

21st Century Romance

By candraaditya

Di season ke-9 episode ke-14 serial terkenal Friends, Joey dan Phoebe mencoba untuk bikin Rachel dan Ross balikan

Image

Rela Gak Ngeluarin Uang Buat Akses Facebook?

By TOGETHERWHATEVER

Udah siap lo ngeluarin uang buat akses Facebook?

Image

Smartwatch, Perlu Gak Sih?

By TOGETHERWHATEVER

Udah tau belom kenapa lo sekarang udah perlu smartwatch?

Image

Udah Lulus, Tapi Nggak Bisa Nyari Fulus? Ini Jalan keluarnya!

By Alitt

Tips kreatif untuk cari duit.