Profesi Aneh Di Film Yang Ternyata Eksis Di Dunia Nyata

Siapa tahu nonton film ini bisa jadi inspirasi untuk karierlo selanjutnya...

by TOGETHERWHATEVER

Kalo hobi nonton film, pasti suka ngerasa takjub sama beberapa karakter di dalamnya yang punya profesi nggak biasa. Saking absurdnya, gak sedikit penonton yang beranggapan kalo profesi itu fiktif belaka. Padahal, kalo lo punya waktu dan rasa ingin tahu yang besar buat nelusuri semuanya itu, ternyata profesi aneh itu juga eksis lho di dunia nyata. Pengen tahu lebih lanjut tentang profesi aneh apa aja yang ada dalam film yang juga eksis di dunia nyata? Kuy simak tulisan berikut.

Baca juga: Ini Buktinya Kalo Kaset Masih Punya Banyak Penggemar

Date Doctor di Film Hitch (2005)

Pernah nonton film komedi romantis yang dibintangi Will Smith dan Eva Mendes ini? Di film garapan sutradara Andy Tennant ini, Will Smith berperan sebagai Alex "Hitch" Hitchens, seorang "date doctor" terkena yang punya misi membantu setiap kliennya agar bisa sukses memikat hati teman kencan mereka. Ketika tengah membantu seorang kliennya, ia bertemu dengan seorang kolumnis yang diperankan Eva Mendes. Meskipun selalu berhasil membantu setiap kliennya, bukan hal yang mudah bagi Hitch untuk bisa menemukan pasangan yang tepat untuknya. Di dunia nyata, profesi Hitch ini gak jauh berbeda dengan konsultan yang bekerja di biro jodoh. Konon katanya, konsultan di sebuah biro jodoh bisa mendapatkan komisi yang lumayan besar lho kalo bisa sukses menyatukan sepasang kliennya hingga sampai ke jenjang pernikahan. Tertarik buat coba profesi ini?

Petugas Kebersihan Tempat Kejadian Perkara di film Sunshine Cleaning (2008)

Rose Lorkowski (Amy Adams) dan adiknya Norah (Emily Blunt) menghadapi kesulitan finansial hingga akhirnya mereka memutuskan untuk membuka bisnis jasa pembersihan untuk Tempat Kejadian Perkara (TKP). Keduanya kemudian menjalankan layanan bernama Sunshine Cleaning tersebut untuk beberapa pekerjaan dari kepolisian. Profesi yang unik ini membawa mereka menyelami berbagai kejadian menarik, dari terlibat kasus kejahatan sampai harus menghibur orang yang bersedih karena kehilangan keluarganya. Di Amerika Serikat dan beberapa negara lainnya, profesi sebagai pembersih tempat kejadian perkara udah banyak dijalani karena emang penghasilannya cukup menjanjikan. Kalo di Indonesia sendiri, belum ada banyak berita yang menyorot tentang profesi ini di Tanah Air. Ada yang bilang tim pembersih TKP ini masih menjadi bagian dari tim forensik di bawah naungan kepolisian. Siapa tahu setelah baca artikel ini lo jadi kepikiran buat mulai bisnis yang cukup menjanjikan ini. Yang jelas, profesi ini gak disarankan buat orang yang takut kalo lihat darah yah...

Pengantar rol film di film Janji Joni (2005)

Lebih dari satu dekade yang lalu, saat bioskop dan industri perfilman di Indonesia masih berusaha untuk bangkit, rol dari satu film biasanya hanya dibuat dalam jumlah terbatas. Nah, inilah yang bikin tugas pengantar rol film jadi begitu vital di setiap pemutaran film di bioskop. Kalo telat ngantar rol film, bisa-bisa pemutaran film jadi terganggu dan bikin keki penonton. Profesi unik ini kemudian diabadikan oleh Joko Anwar dalam filmnya yang bertajuk Janji Joni (2005). Joni (Nicholas Saputra) bertugas mengantar rol film dari satu bioskop ke bioskop lainnya dengan sebuah motor. Kalo dibayangin pas jaman now, mungkin profesi Joni ini bisa dibilang mirip driver ekspedisi kilat kali ya.

Baca juga: Album Rasa Pancake Durian Ala Danila

Sound Engineer khusus suara-suara aneh di film Berberian Sound Studio (2012)

Kalo merhatiin ajang Oscar, pasti udah gak asing deh sama kategori penilaian di bidang sound mixing dan sound editing. Nah yang bertanggung jawab untuk aspek tata suara dalam film itu adalah seorang sound engineer. Berberian Sound Studio menceritakan aksi seorang sound engineer yang diperankan aktor Toby Jones saat mengerjakan sebuah proyek film horor Italia yang berjudul The Equestrian Vortex. Saat menggarap proyek film tersebut, sang sound engineer harus menghadapi berbagai peristiwa aneh. Untuk pengisian efek suara di film, dia juga kerap menggunakan metode aneh, salah satunya adalah menggunakan sayuran. Ya gak di film atau dunia nyata, setiap sound engineer emang punya strategi unik sih agar bisa menciptakan efek suara yang keren. Kalo lo emang punya bakat beatboxing atau bikin suara-suara aneh, siapa tau aja lo bisa jadi sound engineer yang piawai. Kebayang gak sih, kalo lo dapat kesempatan buat ngisi efek suara di film aksi atau horor? Atau lebih seru lagi kalo film yang mengombinasikan genre horor dan aksi. Coba deh pikirin, kira-kira bakal kayak apa sih efek suara kuntilanak lagi ngeluarin jurus silat?

Peratap bayaran di film Rudaali (1993)

Film Hindi garapan sutradara Kalpana Lajmi ini merupakan adaptasi dari sebuah cerita pendek yang ditulis sastrawan Bengali terkenal, Mahasweta Devi. Kisahnya berfokus pada nasib buruk seorang wanita bernama Shanichari yang ditinggal ibunya tak lama setelah kematian ayahnya. Nasib buruk kembali berlanjut ketika ia harus menikah dengan seorang pemabuk. Suatu hari ia bertemu dengan seorang perempuan yang berprofesi sebagai Rudaali, peratap bayaran yang selalu muncul di berbagai prosesi pemakaman. Shanichari kemudian turut mencoba profesi unik ini, namun saat menjalankannya dia mengalami banyak kendala. Matanya bahkan nggak bisa mengeluarkan airmata. Profesi peratap bayaran di India emang bukanlah hal yang aneh. Bahkan profesi ini udah menjadi bagian dari bisnis pemakaman yang terus berkembang di sana. Tertarik buat ngembangin profesi ini di Indonesia setelah nonton film ini? Nanti kalo sebelum pergi kerja, jangan lupa selalu siapin banyak potongan bawang, jaga-jaga aja biar airmata bisa mengalir lancar.

Baca juga: Ini Empat Cara Ampuh Buat Ningkatin Value Postingan Lo Di Instagram

Nah, gimana menurut pendapatlo soal tulisan di atas? Punya ide lain lagi soal profesi unik dalam film yang ternyata juga eksis di dunia nyata? Ungkapin dong opini lo. Nanti lo bisa dapat point yang bisa ditukar reward menarik lho. Langsung deh sign-up di sini.
 

Setuju sama tulisan di atas? Atau punya opini lain? Tulis opini lo di sini

dan dapetin 500 Whatever Points.

TOGETHERWHATEVER

Temen buat explore dan temuin pengalaman baru setiap hari

You May Also Like: