Nostalgia Mario Bros dan Tetris Bareng Indochiptunes

Lo akan dibawa buat inget sama Mario Bros atau Tetris.

by TOGETHERWHATEVER

Salah satu komunitas unik yang ada di acara MARKAS 2018 adalah Indochiptunes. Komunitas ini ngebawain musik yang diambil dari bunyi-bunyian game lawas. Kemudian mereka mengemas jadi musik asik yang bisa lo nikmatin di mana pun. Bukan cuma bikin musik, beberapa member dari komunitas ini pun udah melanglang buana dengan bawa musik chiptunes ini.

Untuk acara MARKAS 2018, Indochiptunes pun berkolaborasi dengan Bottlesmoker dan direkam dalam sebuah CD. Pengurus sekaligus komposer dari Indochiptunes, Adhy Saka, pun mau bercerita tentang komunitas ini serta apa saja yang udah mereka kerjain selama ini. Simak obrolannya di bawah ini.

Baca juga: Markas: Tempat Kita Seseruan Bareng Temen

Bisa ceritain komunitas ini?

Chiptunes itu musik yang diciptain dari konsol-konsol lawas dari tahun 70 sampai 90-an. Dari era game 8-bit, sampai 16-bit. Komunitas ini berisi penikmat dan pelaku musik chiptunes. Jadi, enggak semuanya adalah komposer musik chiptunes, tapi mereka support banget sama musik ini.

Musik chiptunes-nya sendiri udah lama banget dari awal komputer pertama dibuat. Biasanya emang dibuat untuk suara-suara software dan game. Di Indonesia, musik chiptunes mulai berkembang di awal tahun 2000-an. Kalau dari komunitas ini, lebih banyak untuk ditampilin di atas panggung.

Kegiatan apa aja yang udah dikerjain sama Indochiptunes?

Indochiptunes udah bikin album kompilasi. Beberapa member kami pun udah rilis album di luar negeri dan banyak dari mereka yang dapat penghargaan.

Kalau mau masuk komunitas ini harus punya handheld console lawas?

Enggak. Kami menerima semua orang yang mau belajar dan mendalami musik chiptunes. Kalau masalah alat, enggak perlu khawatir. Teknologi sekarang udah canggih. Pakai smartphone Android udah bisa, banyak juga emulator game buat di PC juga. Jadi, enggak harus punya konsolnya dulu.

Baca juga: Ke Pasar Cuma Gara-gara Disuruh Nyokap? Lo Mesti Cobain 5 Hal Ini!

Pakai emulator pun masih bisa ngasilin nada-nada chiptunes. Software-nya pun sama. Sebenarnya, para komposer yang pakai handheld console pun pakai kaset kosong diisi software. Mau pakai PC pun ya masukinnya software itu.

Apa impian terbesar dari musik-musik chiptunes?

Ada salah satu festival musik chiptunes terbesar di dunia adanya di Melbourne dan Tokyo. Gue sih maunya komunitas ini tampil di sana. Gue mau nunjukin kalau musisi chiptunes Indonesia itu berbakat banget dan banyak.
Ada juga temen-temen dari Indochiptunes yang udah bikin musik dan dipakai oleh developer game lokal. Ya, pengennya sih game itu juga dimainin di luar negeri dan orang-orang ngeliat kalau ini adalah buatan Indonesia.

Perpaduan terliar yang pernah dibuat oleh musisi chiptunes dari komunitas ini?

Pernah ada band metal chiptunes. Uniknya mereka pakai sound 8-bit. Jadi, sound-nya kayak yang ada di game Tetris. Namun, mereka nyanyinya teriak-teriak. Waktu perform juga luar biasa sih. Mereka juga sampai banting-banting alat. Menurut gue itu yang terliar yang pernah ada walaupun masih ada chiptune versi dangdut juga.

Baca juga: Facebook? Twitter? Ini Media Sosial Paling Penting Buat Bokap-Nyokap Lo!

Kapan sih waktu terbaik buat dengerin musik chiptunes?

Musik ini sebenarnya sangat fleksibel. Menurut gue, paling enak dengerin musik chiptunes sore-sore pas lagi hiruk-pikuk keramaian ibukota. Namun, semua kembali ke lo sebagai pendengar karena musik chiptunes itu luas banget.

Apa arti Together Whatever buat Indochiptunes?

Musik chiptunes emang masih segmented dan kadang enggak sesuai dengan zamannya. Namun, Indochiptunes tetep konsisten buat promoin lagu-lagu dari member, bahkan sampai ke luar negeri. Menurut gue, musik chiptunes udah bisa ngumpulin banyak orang. Faktornya cuma satu: Nostalgia.

Tertarik dengan Indochiptunes? Atau mau tahu tentang komunitas lain yang juga bawa nuansa unik? Jangan lupa mampir ke sini ya.
 

Setuju sama tulisan di atas? Atau punya opini lain? Tulis opini lo di sini

dan dapetin 500 Whatever Points.

TOGETHERWHATEVER

Temen buat explore dan temuin pengalaman baru setiap hari

You May Also Like:

Image

Budget Challenge Hangout! Tetep Seru Bareng Temen Dengan Duit Terbatas!

By TOGETHERWHATEVER

Ternyata lo bisa tetap happy-happy bareng teman cuma dengan modal 100 ribu di Jakarta.

Image

Kata Siapa Musik Underground Cuma Tinggal Nama?

By TOGETHERWHATEVER

Lo suka pakai parka, kemeja hawai, ato rambut klimis? Bisa jadi tren itu terinspirasi dari anak-anak musik underground.

Image

Together Whatever Sessions Live Album: White Shoes & The Couples Company

By TOGETHERWHATEVER

The wait is over! Dengerin WSATCC dalam live experience sekarang!

Image

5 Film Kocak Buat Nobar

By TOGETHERWHATEVER

Jangan sampe nginep di rumah temen malah pada main hp

Image

The Adams is Back!

By TOGETHERWHATEVER

Aneh rasanya kalau ada yang bertanya siapa sih The Adams? Band yang diisi oleh Ario Hendarwan, Saleh Husein, Gigih Suryoprayogo dan Pandu Fathoni ini selalu berhasil menarik animo penonton hingga menggila setiap kali mereka manggung.