Nostalgia Hip-Hop '90-an Bareng Iwa K di Together Whatever Sessions

Dari Nombok Dong sampe Malam Ini Indah

by TOGETHERWHATEVER

Together Whatever Session tampil beda dengan mengusung rapper Iwa K sebagai bintang utamanya. Buat yang besar di era dekade '90-an atau penikmat musik hip-hop, pasti udah nggak asing lagi dengan musisi ini. Dikenal sebagai salah satu pionir musik hip-Hop di Indonesia, Nggak heran kalo penampilannya masih ditunggu-tunggu sampe sekarang. Penampilan Iwa K malam itu juga tambah spesial dengan aksi Neurotic sebagai supporting band-nya. Panggung Together Whatever Sessions yang berlokasi di Ecology Kemang jadi saksi kemeriahan penonton bergoyang sambil menikmati lagu-lagu klasik dari Iwa K. Semua larut dalam hentakan musik bersemangat yang ditampilkan pada malam itu.

Baca juga: Interview: Together Whatever Sessions Bikin Iwa K Merinding Lagi Di Panggung

Tepat pada pukul setengah 11 malam, sang rapper berjalan mengisi panggung sambil menyanyikan salah satu hits-nya yang berjudul Nombok Dong. Pada zamannya, lagu ini cukup identik sebagai salah satu anthem penyelenggaraan liga basket nasional. Sentuhan musik bernuansa rock membuat lagu ini jadi berkesan lebih "nonjok". Siapa sangka kalo lagu yang udah berusia lebih dari dua dekade ini masih kedengaran asyik.

"Udah siap buat gila-gilaan? Together whatever. Mau kejadian apa juga, kita tetap bareng-bareng di sini," ujar Iwa K menyapa penonton sebelum lanjut menampilkan lagu berikutnya. Pada malam itu, dia masih pake hoodie dan sweatpants serba gombrong yang dipadanin sama topi bucket yang selalu jadi gaya khasnya. Alunan gitar dan drum kemudian mengantarkan sebuah Lagu yang berjudul Manusia Malam. Lagu jadi berasa lebih beda dari aslinya dengan permainan organ solo di pertengahan lagu.

Beberapa hits dari sang rapper kemudian ditampilkan satu-persatu. sebuah lagu nyeleneh berbahasa Sunda yang berjudul Batman Kasarung dimainkan berikutnya. Ritme musik yang cepat membuat suasana semakin memanas. Nggak lama kemudian lagu Kramotak yang berlirik rada-rada surealis dinyanyikan. Menurut sang rapper, judul lagu ini cukup mencerminkan situasinya saat bikin lagu tersebut. Ia bercerita kalau lagu itu dibuatnya saat lagi ngerasa buntu. Biar suasana kembali chill, lagu Kuingin Kembali dimainkan. Lagu ini bisa dibilang salah satu lagu Iwa K paling bersejarah, karena merupakan single pertama yang diluncurkan ketika tampil dalam kancah musik Tanah Air.

"Lagu ini gue buat di tahun 2000-an. Akhirnya gue punya lagu juga dari tahun 2000-an yang bisa dimainin, walopun 2000-an awal," kata Iwa K nggak sungkan buat meledek dirinya sendiri yang emang merupakan musisi veteran di Indonesia. Setelahnya dia memainkan lagu berjudul Debs File.

Salah satu lagu yang ditunggu pada malam itu, yang juga jadi judul acara, adalah Bebas. Selain punya kenangan seru, penonton yang ikutan nyanyi dan bergoyang kayaknya ngerasa banget kalo lagu Bebas cukup relevan sama keseruan malam itu. Siapa sih yang nggak pengen Bebas lepas, kutinggalkan semua beban di hatiku untuk sejenak pada pertengahan minggu. Bisa dibilang ini merupakan salah satu hits paling memorable dari sang rapper. Nggak heran kalo penonton hafal banget liriknya. Uniknya, aransemen lagu ini pada malam itu dibuat agak beda. Ada nuansa reggae yang bikin suasana jadi berkesan chill.

Tanpa banyak basa-basi, suara riff gitar menjadi pengantar ke lagu berikutnya. Malam Indah jadi lagu pamungkas. Kombinasi vokal penyanyi latar dan alunan organ yang mengawali lagu itu berhasil memancing sorak-sorai penonton. lagi-lagi cukup ngegambarin kemeriahan acara Together Whatever Sessions.

Baca juga: Efek Rumah Kaca: Together Whatever Sessions Live Album Is Out Now

Penasaran pengen tau gimana acara Together Whatever Sessions: Bebas Lepas bareng Iwa K? Kuy tonton aja di sini videonya. Buat yang datang pas acara kemaren itu dan punya kesan menarik, bisa diceritain dong di sini.

Setuju sama tulisan di atas? Atau punya opini lain? Tulis opini lo di sini

dan dapetin 500 Whatever Points.

TOGETHERWHATEVER

Temen buat explore dan temuin pengalaman baru setiap hari

You May Also Like:

Image

Interview: Together Whatever Sessions Bikin Iwa K Merinding Lagi di Panggung

By TOGETHERWHATEVER

Iwa K mengungkapkan jiwanya yang kembali muda serta perspektifnya mengenai Hip Hop zaman now.

Image

Jakarta Mahal? Mitos Itu!

By TOGETHERWHATEVER

Ada banyak cara seru buat hangout asyik dengan budget terbatas

Image

Lupakan Sejenak Jakarta, 9 Tempat ini Seru Banget buat Tujuan Roadtrip

By TOGETHERWHATEVER

Nggak perlu destinasi jauh yang makan banyak ongkos buat sekadar nikmatin akhir pekan

Image

Iwa K: Together Whatever Sessions Live Album Is Out Now!

By TOGETHERWHATEVER

Kangen sama musik Hip-Hop khas Tanah Air? Jangan lewatin album ini!

Image

13 Fakta Seru Tentang Grammy Awards

By TOGETHERWHATEVER

Cerita seru Michael Jackson, Beyonce sampai Taylor Swift dan fakta-fakta menarik lain seputar Grammy Awards