Jangan Ngaku Doyan RPG Kalo Belom Mainin Game ini

Jangan ngaku gamers kalo ada dari kumpulan games berpola RPG Game ini yang belum pernah lo mainin!

by TOGETHERWHATEVER

Meskipun lagi ngetren mobile gaming, setiap gamers pasti pernah ngelewatin masa tergila-gila pada games berpola RPG Game. Gak usah malu-malu deh, coba jujur pernah bikin rekor paling lama berapa jam lo berkutat di depan PC atau konsol demi ngelawatin babak sebuah RPG Game yang susah banget?

Baca juga: Facebook? Twitter? Ini Media Sosial Paling Penting Buat Bokap-Nyokap Lo!

RPG yang merupakan singkatan dari Role-Playing Game merupakan salah satu jenis games yang pemainnya seperti memerankan tokoh-tokoh khayalan dan berkolaborasi untuk merajut sebuah cerita bersama. Para pemain memilih tokoh-tokoh mereka berdasarkan karakteristik khasnya. Keberhasilan aksi mereka tergantung dari sistem peraturan permainan yang telah ditentukan.

Apa aja sih RPG Game yang wajib diketahui dan dimainin biar lo bisa dianggap seorang gamers sejati? Nih Together Whatever udah kumpulin beberapa referensinya. Kuy disimak deh!

Kingdom Come: Deliverance

PC Gamers, sebuah situs games review yang cukup berpengaruh, nobatin RPG Game ini sebagai salah satu yang terbaik dalam sebuah artikel. Permainan yang bernuansa historis ini menceritakan aksi seorang petani bernama Henry yang berusaha menyelamatkan tanah kelahirannya dari bencana peperangan pada tahun 1403.

Ini adalah sebuah RPG Game yang begitu kaya akan detail. Aksi yang ditawarkan meliputi duel pedang, sistem nyawa karakter yang berkaitan dengan rasa lapar dan haus, serta perlengkapan perang yang deskripsinya terasa nyata banget sesuai kehidupan pada zaman tersebut. Kalo pemain ingin Henry berkelana ke dalam hutan buat ngumpulin koin dan jamur, lo bisa ngelakuin asal tetap waspada dari serangan bandit-bandit. Permainan ini punya ending yang bersifat terbuka.

Game dari konsol Playstation 4 ini punya tampilan visual yang benar-benar keren, kalo maininnya berasa banget lo lagi throwback ke situasi pada beberapa abad sebelumnya. Apalagi unsur drama yang diselipkan dalam setiap percakapan antara Henry dengan beberapa karakter yang ada di dalamnya.

Dragon Age: Origins

Salah satu karya terbaik BioWare yang bisa dibilang memicu developer game lain berusaha keras buat ngehasilin PC game dengan kualitas gak kalah. Sejak diluncurin pertama kali pada tahun 2009, RPG Game ini bisa dibilang jadi salah satu "kurikulum" yang wajib diperdalam sama setiap gamers.

Tampilan visual yang ngedukung aksi duel dengan gerakan dan senjata kompleks adalah daya tarik utamanya. Tata suaranya juga terasa apik, apalagi dengan scoring pada beberapa adegan yang cukup membuat atmosfer terasa lebih dramatis.

RPG Game ini dimainin dengan sudut pandang orang ketiga, storyline-nya berkisar seputar aksi beberapa prajurit yang berusaha mempertahankan sebuah kerajaan dari teror kekuatan gelap. Adegan duelnya keren banget karena disorot dengan kamera yang bergerak-gerak dari angle berbeda-beda. Kekuatan khusus yang dimiliki setiap karakter juga unik banget. Beberapa karakter magis yang muncul juga turut memperkuat kesan RPG Game ini.

Baca juga: 5 Taman Nasional Buat Tujuan Wisata Anti Mainstream

Final Fantasy Series

Serial games ini bisa dibilang salah satunya yang menarik orang-orang hingga suka banget sama RPG Game. Baik dari seri pertama yang muncul dalam konsol nintendon dengan tampilan visual seadanya sampai seri ke-15 yang dimainin di PC, semuanya punya daya tarik masing-masing.

Daya tarik dari seri games ini ada pada narasi cerita yang menarik dan karakterisasinya yang emang keren banget. Setiap karakter punya latar belakang dan konflik yang menarik. Kekuatan yang dimiliki setiap karakter juga punya keunikan masing-masing.

Apa sih yang bikin serial RPG Game ini punya banyak penggemar setia? Konflik ceritanya sih gak jauh beda dari beberapa games sejenisnya, peperangan antara yang baik dan jahat. Tapi pada beberapa seri, ada juga pengembangan plot cerita yang memunculkan karakter baru yang menarik. Oh ya, ending-nya juga kadang-kadang punya twist yang gak ketebak lho!

Dragon Quest

RPG Game ini diluncurkan di Amerika Serikat dengan judul Dragon Warrior. Empat seri pertamanya dilansir dalam konsol nintendo. Seri paling baru, Dragon Quest XI baru diluncurkan di Jepang pada tahun lalu. Seri games ini punya banyak spin-off untuk beberapa karakter yang ada di dalamnya. Sejak kemunculan perdananya pada dekade '80-an, Dragon Quest telah berkembang menjadi beberapa seri komik, novel dan anime.

Dalam kebanyakan seri games ini, beberapa karakter diceritakan berkeliling kota untuk membeli senjata, baju perang dan perlangkapan lainnya sebagai persiapan melawan monster. Pertempuran biasanya terjadi secara acak, saat monster muncul dengan tiba-tiba. Setiap kali menang, karakter bisa menambah daya kekuatan dalam dirinya. Karakter juga bakal dapat emas yang bisa digunain buat beli senjata dan item lainnya.

Uniknya, seri RPG Game ini juga beberapa fitur yang "nyeleneh". Salah satunya adalah fitur "Puff-puff" yang nunjukin kemampuan karakter cewek dalam games ini buat ngerayu karakter atau monster. Buat nge-save game aja, karakter harus pergi ke gereja buat ngobrol sama pendeta atau suster. Pada versi Dragon Warrior, karakter harus berbicara dengan raja buat nge-save game.

South Park: The Stick of Truth

Gak semua RPG Game yang keren itu harus punya tampilan visual keren dan narasi cerita dahsyat. South Park: The Stick of Truth bagai mematahkan semua stereotip itu. Game yang diadaptasi dari serial animasi ini menceritakan petualangan karakter The New Kid dalam menjelajahi sebuah kota fiktif yang terinspirasi dari Colorado. Beberapa bagian kota terkunci hingga pemain bisa mendapat sejumlah point tertentu.

Adegan aksinya gak berkesan dramatis kayak kebanyakan games, tapi kelihatan kocak dan tetap seru juga. Rasanya kayak nonton serial animasinya aja. Yang bikin ketawa sih tingkah dan ceplas-ceplos setiap karakternya yang berkesan "sangar" padahal tampilan mereka tuh gemas banget lho. Buat yang udah biasa nonton serial animasinya, pasti udah gak kaget lagi.


Dalam petualangannya, The New Kid bakal menjelajahi beberapa tempat baru dan menemukan karakter-karakter unik. RPG game ini tersedia dalam konsol Play Station 3, Xbox 360, dan Microsoft Windows.

Baca juga: Ada Nuansa Nusantara Dalam 5 Game Ini

Gimana menurut pendapat lo soal rekomendasi RPG Game di atas? Lo punya pilihan RPG Game favorit? Kuy dibagi dong ke kita. Sing-up dulu, terus tulis opini lo di sini.
 

Setuju sama tulisan di atas? Atau punya opini lain? Tulis opini lo di sini

dan dapetin 500 Whatever Points.

TOGETHERWHATEVER

Temen buat explore dan temuin pengalaman baru setiap hari

You May Also Like:

Image

Dokumentasi Sejarah 10 Tahun Album “Efek Rumah Kaca”

By TOGETHERWHATEVER

Efek Rumah Kaca mungkin hanya terdengar sebagai satu istilah dalam isu pemanasan global.

Image

Mau Tahu Cara Makin Bahagia Makan Burger?

By TOGETHERWHATEVER

Mau makin bahagia makan burger bareng temen-temen lo? Coba deh ini!

Image

Rela Gak Ngeluarin Uang Buat Akses Facebook?

By TOGETHERWHATEVER

Udah siap lo ngeluarin uang buat akses Facebook?

Image

Staycation Bikin Lo Pergi Liburan di Dalam Kota

By TOGETHERWHATEVER

Liburan tanpa mikir tiket pulang-pergi.

Image

Gimana kalo Mad Dog The Raid dan Ibu Pengabdi Setan Dibuatin Film Spin-Off?

By TOGETHERWHATEVER

Biar enggak kalah dari Milly, Mamet, Wolverine atau Han Solo