Iwa K: Together Whatever Sessions Live Album Is Out Now!

Kangen sama musik Hip-Hop khas Tanah Air? Jangan lewatin album ini!

by TOGETHERWHATEVER

Apapun jenis ragamnya, seni adalah sesuatu yang bersifat timeless. Yang dibuat beberapa puluh tahun lalu, uniknya masih bisa dinikmati sekarang. Iwa K seenggaknya udah berhasil ngebuktikan kredo itu dalam acara Together Whatever Sessions yang diadain bulan Desember 2017 lalu di Ecology, Kemang. Lagu-lagu buatannya yang dibuat pada dekade '90-an silam masih asyik-asyik kok buat dinikmatin saat ini, Aransemen musiknya juga masih enak buat dibawa goyang. Penampilan yang jadi aksi perdana dari sang rapper setelah vakum selama beberapa tahun itu cukup nuntasin kerinduan pencinta musik. Biar bisa dinikmati lagi dan lagi... penampilan Iwa K pada acara Together Whatever Sessions itu akhirnya dirilis dalam format sebuah live album.

Baca juga: Efek Rumah Kaca: Together Whatever Sessions Live Album is Out Now

Suara dentuman drum dan raungan gitar terdengar ngiringin lagu pembuka Nombok Dong. Lagu yang bercerita soal aksi pemain basket di lapangan ini mau gak mau bakal mengundang kenangan terhadap musik khas dekade '90-an yang nggak ingar-bingar dengan sound musik elektronik. Vokal sang rapper masih prima, nggak terdengar sama sekali suara napas yang terengah-engah. "Gue pengen ngomongin lo semua, yang keluyuran malam-malam. Makhluk Natural. Manusia malam," ucap Iwa K sebelum menampilkan salah satu lagu andalannya yang berjudul Manusia Malam. Lagu ini merupakan bagian dari album debut-nya yang dirilis pada tahun 1993 silam.

Hal yang bikin live album ini berbeda dan lebih seru buat dinikmati adalah cerita-cerita di balik pembuatan sebuah lagu yang dikisahkan langsung oleh si musisi. Misalnya saat dia mengalami kesulitan menciptakan lagu berbahasa Inggris, dia akhirnya malah ngelakuin tindakan nyeleneh, yaitu dengan bikin lagu berbahasa Sunda yang dikenal dengan judul Batman Kasarung. Ada juga cerita unik di balik lagu Kramotak, yang menurut sang musisi tercipta saat dia tengah ngerasa kalo semesta lagi memusuhinya. Nggak heran kalo liriknya jadi berkesan agak absurd dan depresif. Beberapa cerita di balik lagu-lagu Iwa K yang gak banyak diketahui malah memberikan sudut pandang baru buat apresiasi musiknya.

Setelah dihajar sama beberapa lagu bertempo cepat dan bersuara kencang, Kuingin Kembali akhirnya dinyanyiin. Meskipun berkesan sendu dan berlirik romantis, lagu debut dari sang rapper ini bisa dibilang salah satu karya terbaiknya. Setelah suasana jadi berkesan nyantai, atmosfer "diangkat lagi" lewat lagu bertempo cepat, Debs File. "Akhirnya gue ada lagu dari tahun 2000-an, walopun ini juga dari tahun 2000-an awal," katanya sambil cengengesan buat ngejawab ledekan teman musisinya yang tampil sepanggung sama sang rapper. Iwa K emang udah lama banget gak nelorin karya lagi, tapi dia berjanji bakal balik lagi eksis dengan karya baru di dunia musik. Sementara itu, lagu Debs File lumayan gokil sih, Liriknya yang jenaka lumayan bisa bikin siapa aja yang ngedengarnya jadi cengar-cengir sendiri.

Lagu Bebas kemudian dibawain dengan sentuhan sound yang sedikit beda. Setelah digeber sama suara turntable dan gitar yang kencang di bagian awal, lagu ini malah berakhir dengan aransemen bernuansa reggae. Lagu paling memorable dari sang rapper, Malam Ini Indah, jadi pamungkas dari live album tersebut. Aransemen musik awalnya yang emang asyik buat bergoyang terasa semakin asyik saat lagu ini dibawakan secara live.

Buat penggemar Iwa K atau penikmat musik hip-hop, album Together Whatever Sessions Live Album ini jelas nggak boleh dilewatin gitu aja. Selain jadi medium buat bernostalgia, album ini emang nampilin beberapa karya terbaik sang rapper yang dikasih sentuhan baru biar berkesan beda.

Baca juga: Sebuah Malam Intim Bersama Maliq & D'Essentials

Kalo tertarik buat cari tahu tentang live album dari Together Whatever Sessions lainnya, lo bisa buka tautan ini. Di situ juga ada informasi lengkap kalo lo pengen ikutan nonton langsung aksi Together Whatever Sessions selanjutnya.

Setuju sama tulisan di atas? Atau punya opini lain? Tulis opini lo di sini

dan dapetin 500 Whatever Points.

TOGETHERWHATEVER

Temen buat explore dan temuin pengalaman baru setiap hari

You May Also Like:

Image

Together Whatever Sessions: Bebas Lepas bersama Iwa K

By TOGETHERWHATEVER

Nostalgia Hip-Hop Dekade 90-an bareng sang pionir

Image

Efek Rumah Kaca Bawa Kenangan Album Pertama

By Rollingstone.co.id

Penampilan Efek Rumah Kaca di Eighty Nine, Jakarta pada Rabu 29 Agustus berjalan sedikit berbeda dari biasanya.

Image

Bedah Album Pertama Efek Rumah Kaca

By TOGETHERWHATEVER

Tahun 2006 bisa dianggap jadi awal dari pergerakan underground dari band alternative Efek Rumah Kaca untuk lebih dikenal.

Image

Wawancara Eksklusif: Getting Closer With Teza Sumendra

By TOGETHERWHATEVER

Teza Sumendra, nama besar di dunia musik Indonesia yang dekat dengan genre R&B/Soul ini mengawali karirnya pada awal tahun 2000-an. Seperti nama sukses lainnya, jalan terjal pasti ada.

Image

Agrikulture Ramaikan Together Whatever Sessions Edisi Ke-6

By TOGETHERWHATEVER

Hari Sabtu lalu, tepatnya tanggal 23 September 2017, Together Whatever Sessions mengundang para penikmat musik baik Electronic ataupun genre musik lainnya untuk menyaksikan Agrikulture, sang pelantun “Kompor Meleduk”.