Apa Nama Band Paling Aneh yang Pernah Lo Denger?

Apakah nama sebuah band benar-benar ngegambarin corak musik dan karakter personelnya?

by TOGETHERWHATEVER

Indonesia punya banyak band yang gampang cari perhatian. Bukan dari musik atau lirik lagunya doang, kadang-kadang namanya aja udah bikin penasaran, bikin pingin tahu. Jangan-jangan ada hubungannya dengan suatu hal, atau punya latar belakang cerita yang menarik.


Baca juga: Throwback Bareng dengan Musik Asyik dari Sudut-sudut Jakarta

Coba aja cari video musik atau Youtube musik band yang namanya Besok Bubar. Punya nama besok bubar, tapi kok nggak bubar-bubar sampai sekarang. Ada juga Pengantar Minum Racun. Bikin ngeri dengarnya. Tapi malah terbahak-bahak pas tahu lagunya.

Itu baru dua. Seenggaknya masih ada tiga lagi. Coba cek lima nama band Indonesia yang mungkin bikin penasaran di bawah ini.

1. Momonon

Kemasannya musik barat, tetapi liriknya berbahasa Indonesia. Jadi yang dengar bisa tahu si penyanyi lagi cerita apa. Momonon emang main di genre musik yang spesifik, yaitu reggae. Band asal Banten bisa dibilang usianya udah 14 tahun. Cikal bakalnya bahkan sudah sekian tahun sebelumnya, yang menurut sejumlah sumber dinamai Komunitas Aktif Rangkasbitung.

Beberapa lagunya pun punya hubungan dengan tempat kelahiran band ini. Misalnya di lagu Wahai Pantaidan Banten Mempesona. Sejauh ini mereka udah punya 2 album, Menggapai Mimpi (2014) dan Si Acengyang dirilis setahun setelahnya.

Pantai, Banten, reggae. Okelah semuanya nyambung. Tapi kenapa namanya "Momonon"? Apalagi kata itu rentan ditebak sebagai gabungan dari dua kata terpisah. Tapi ternyata bukan itu maknanya. Momonon menurut mereka adalah istilah orang tua zaman dulu merujuk pada "hantu kecil"atau "orang-orangan sawah"yang bisa menakut-nakuti anak-anak, dan biasanya muncul waktu matahari terbenam. Mungkin biar terasa lebih Indonesia. Benar nggak ya?

2. Endank Soekamti

Soal unit punk asal Yogyakarta ini, orang yang belum tahu musik mereka mungkin menebaknya sebagai penyanyi. Apalagi dalam sejarahnya, Indonesia juga punya nama penyanyi berawalan Endang. Tapi ternyata Endank Soekamti adalah nama sebuah band. Seperti musik yang dimainkannya, nama band ini emang gampang diingat. Jarang-jarang ada band yang menyentuh ranah melodic pakai nama dengan tonemacam itu.

Soal asal namanya, Endank Soekamti bukan utuh nama satu orang. Kalau "Soekamti"-nya memang iya. "Endank"-nya ternyata karangan. Menurut frontman yang jadi vokalis sekaligus pemain bass, Erix, nama Soekamti diambil dari nama gurunya di Sekolah Menengah Musik (SMM) Yogyakarta. Bahkan kata dia, setelah sekian album, band-nya belum izin ke sang guru karena udah pakai namanya. Tapi akhirnya bisa ketemu juga dengan beliau setelah cari di grup chat reunian.

Menurut informasi yang didapat dari ayah sang guru, nama Soekamti diambil dari "Soe" yang artinya "indah", "kam" artinya "datang", dan "ti" yang berarti perempuan. Jadi artinya "kehadiran yang membawa kebaikan atau keindahan".

3. Sisitipsi

Sisitipsi sering ditebak sebagai gabungan kata "sisi" dan "tipsi" atau yang dari bahasa Inggrisnya berejaan "tipsy". Nah, apalagi mereka juga nyanyi "alkohoooool... kamu jahat tapi enaaaak". Nama album mereka aja 73 persen, unsur angka yang biasanya merujuk kandungan pada suatu zat, seperti dark rum dan teman-temannya. Tapi mereka bilang, itu nomor alamat. Lucunya, dulu nama mereka adalah Flyover. Dan yang ini lagi-lagi asosiasinya sama: suka fly yang over.

Setelah beberapa kali diwawancara di sejumlah media, mereka mengaku kalau kata Sisitipsi umum di kampus tempat mereka kuliah, Institut Kesenian Jakarta. Di sana, "sisitipsi" adalah pelesetan dari "CCTV". Bunyinya mirip. CCTV di sana buat apa? Coba cari deh di pemberitaan-pemberitaan media massa.

Baca juga: The Upstairs: Musik Kami Masuk dengan Zaman Kapan Pun

4. Besok Bubar


Ini dia, Besok Bubar. Band ini mainin warna musik yang lahirnya di Seattle tahun 1980-1990an: grunge. Besok Bubar udah berdiri dari tahun 2006, waktu post-rock, post-punk, garage lagi memasuki masa populernya. Kalo kemudian besoknya bubar (karena orang-orang lagi dengar yang lain), mungkin enggak perlu heran.

Sebenarnya, namanya dipakai hasil asal tembak karena tiap bikin band, Amar Gill sang vokalis merasa abis itu pasti bubar. Sekali waktu, dia bikin band dan belum punya nama. Ya udah, dia punya ide buat pakai naman "Besok Bubar" karena dia yakin band itu pasti bubar besoknya.
Besok bubar? Tapi malah belum bubar-bubar sampai sekarang. Mereka malah udah bikin dua album: Besok Bubar dan The Ultimate. Kalopun bubar, semua juga udah pada tahu, kan? Jadi santai.

5. Pengantar Minum Racun (PMR)

Kalo orang sudah lihat aksi live-nya, pasti mereka bakal heran kenapa band ini punya nama yang unik banget. Tapi kalo orang sudah tahu namanya duluan sebelum dengar musiknya, yang kejadian mungkin adalah salah tebak. Jadi belum apa-apa, grup dangdut ini udah dapat skor 1-0 buat urusan twisted.

Seedan itu juga konsepnya waktu pertama band ini dilirik dedengkot grup lawak Dono Kasino Indro, sampai akhirnya vokalisnya, Jhonny Iskandar, kelewat populer di tahun 1980-1990-an. Kabar terbarunya, Jhonny hengkang, dan grup ini masih lanjut dengan kesleborannya.

Ngomong-ngomong, siapa sih yang lagi putus asa sampai kepikiran buat ngusulin nama nyeleneh itu? Lagi-lagi, Pengantar Minum Racun adalah hasil tembak nama. Dulu waktu SMA, mereka adalah anak-anak kawasan Blok A, Jakarta Selatan, yang suka nyanyi-nyanyi dengan lirik semaunya. Mereka akhirnya diajak ngisi acara di radio Prambors.

Dono pernah kasih nama "Orkes Moral Kurang Gizi", tetapi akhinya berganti jadi Orkes Moral Irama Teler Pengantar Minum Racun, atau disingkat OM ILER PMR hasil pelesetan orkes Telerama, menjadi Irama Teler. Lama-lama, "Irama Teler" hilang, namanya jadi PMR tadi.

Baca juga: Mau Ngerilis Musik Sendiri? Ikutin Kiat dari Dipha Barus

Itu dia lima band yang namanya pasti bikin banyak orang penasaran. Kalo menurut lo, band apa lagi sih yang namanya juga bikin penasaran? Sign-up dulu buat komen di sini.

Setuju sama tulisan di atas? Atau punya opini lain? Tulis opini lo di sini

dan dapetin 500 Whatever Points.

TOGETHERWHATEVER

Temen buat explore dan temuin pengalaman baru setiap hari

You May Also Like:

Image

Apa Jadinya Kalau Wiro Sableng Gabung ke the Avengers?

By TOGETHERWHATEVER

Jagoan tanah air siap go international!

Image

Oomleo: Gue Sebenarnya Nggak Suka Karaoke

By TOGETHERWHATEVER

Ngobrol seru di hari kasih sayang, dari soal musik sampai relationship.

Image

Kata Siapa Musik Underground Cuma Tinggal Nama?

By TOGETHERWHATEVER

Lo suka pakai parka, kemeja hawai, ato rambut klimis? Bisa jadi tren itu terinspirasi dari anak-anak musik underground.

Image

The Art of Nobar

By candraaditya

I enjoy solitude. Gue menemukan kedamaian melakukan apa-apa sendirian. Bahkan nonton bioskop sendirian pun gue menikmati.

Image

10 Tips Bertahan Hidup Ala Anak Kos

By TOGETHERWHATEVER

Jadi anak kos = harus kreatif di akhir bulan.