7 Film dengan Twist Cerita Paling Keren

Deretan film yang ceritanya bikin lo berasa jadi kayak Sherlock Holmes.

by TOGETHERWHATEVER

Suka kalo dapat kejutan dari temen-temen? Gatal nge-klik kalau lihat thumbnail video-video prank? Penasaran kalau ada kerumunan tapi nggak jelas apa yang dikerumunin?

Baca juga: The Art of Nobar

Sebagian orang suka sama yang namanya kejutan. Sebagian lagi bisa jadi nggak suka. Tapi suka atau enggak, sesuatu yang bikin terkejut udah pasti bikin situasi jadi lebih hidup. Makanya, kadang-kadang atau malah seringnya, twist cerita sebuah film benar-benar bisa jadi hiburan. Apalagi buat lo yang termasuk penggemar sejati film.

Kalo lo termasuk tipe orang yang gemar nikmatin film-film dengan twist cerita yang nggak ketebak, coba cek deh daftar berikut ini.

1. Non-Stop (2014)

Tebak-tebakan soal siapa yang bunuh siapa udah jadi salah satu rumus buat plot cerita film, termasuk film Non-Stop. Di film ini, Bill Marks (Liam Neeson) yang meranin karakter seorang detektif berwatak misterius, terlatih, sekaligus parno-an, sebenarnya lagi nikmatin masa bebas tugas. Tapi waktu itu dia juga sedang ada dalam penerbangan. Ya jadinya kayak libur-libur enggak juga sih itu namanya, ya? Tiba-tiba, dia dapat ancaman dari sebuah pesan di handphone-nya bahwa akan ada yang mati di pesawat setiap 20 menit kalo dia nggak transfer 150.000 dolar ke akun tertentu. Uniknya, si pelaku selalu tahu gerak-gerik Bill Marks. Dan yang paling nyeremin, benar-benar ada yang mati di kabin pesawat setiap 20 menit. Nah, ini dia, kayak kebanyakan film soal tebak-tebakan pelaku, ada banyak tersangka yang siap dituding. Pastinya, gemas banget kalo nonton film-film semacam ini. Yang ini bukan, yang itu bukan, taunya... coba deh nonton.

2. Gone Girl (2014)

Sesuai namanya, garis besar film ini berkisar pada peristiwa hilangnya seorang perempuan. Tepatnya, seorang istri (Amy Elliot-Dunne yang diperankan Rosamund Pike). Dia diduga dibunuh oleh suaminya (Nick Dunne diperankan oleh Ben Affleck). Lagi-lagi, secara nggak langsung, penonton diajak jadi detektif dan dapat bumbu pancingan buat numpahin emosi terhadap sosok yang jadi sasaran kesalahan. Ini artinya Amy dibunuh? Atau Amy ternyata bunuh diri? Atau atau atau... Coba aja lihat filmnya. Ritme alur ceritanya keren banget. Soalnya, film ini emang ber-genre psychological thriller.

3. Orphan (2009)

Film ini bukan sekadar film horor biasa. Ceritanya pake unsur psychological juga. Premise-nya tentang pasangan Kate dan John Coleman yang pernikahannya menegang usai Kate keguguran dan memutuskan mengadopsi seorang anak bernama Esther. Anak ini dari awal udah kelihatan misterius, dan lama-lama setiap anggota keluarga itu mulai ngerasa ada yang janggal sama perangainya. Ngamatin tindak-tanduk si Esther yang misterius itu kayak minum 5 cangkir kafein tapi mesti duduk diam. Soalnya, yang sering lihat hal-hal janggal darinya justru cuma anak bungsu di keluarga itu yang tunarungu.

Baca juga: Ini 8 Film Horror Indonesia Yang Paling Serem

4. Life of Pi (2012)

Kisahnya tentang satu keluarga pemilik kebun binatang yang mutusin pindah dari India ke Amerika untuk buka kebun binatang di sana daripada harus milih ngejual binatang-binatang itu. Tragisnya, kapal yang bawa keluarga dan semua binatang itu karam pas badai di tengah Laut Pasifik yang dalam, menyisakan satu anak, Pi, seekor orangutan, hyena, dan harimau bernama Richard Parker. Drama yang manis, sinematografinya juga cantik, ditambah sendunya sentuhan lagu-lagu India di film ini bisa menggiring penonton hanyut dalam cerita sampai akhirnya, klik, twist cerita muncul di akhir film .

5. Bicycle Thieves (1948)

Twist cerita nggak cuma muncul di film thriller atau horor aja. Era film hitam putih juga punya beberapa pilihan yang bisa kasih twist sensasional. Contohnya film dari tahun 1948, Bicycle Thieves. Sama dengan judulnya, film ini bercerita soal pencuri sepeda dengan latar Italia selepas Perang Dunia II. Dalam film itu, hidup digambarin lagi susah-susahnya. Film ini sukses ngebangun rasa sedih dan simpati lewat alur cerita menyentuh dan karakterisasi yang terasa nyata. Sampai-sampai kita bisa aja salah terka bagaimana akhir cerita di film itu.

6. The Dark Knight (2008)

Soal sutradara atau penulis skenario yang paling jago bikin twist cerita seru, nggak salah kalo Christopher Nolan dijadiin sebagai contoh. Dia dikenal sebagai sumber kreativitas di balik film Inception atau Interstelar. Karyanya yang paling nyuri perhatian tentu aja reboot dari serial Batman. Salah satu filmnya, The Dark Knight, kasih lihat twist cerita yang seru. Salah satunya soal kematian Komisaris Gordon yang ternyata di akhir cerita...dia diceritain masih hidup. Sorry, spoiler buat yang belum nonton. Eh mungkin enggak ya ada yang belom nonton? *Nyengir kuda*

7. Memento (2000)

Film ini salah satu karya Christopher Nolan yang benar-benar ajaib. Urutan ceritanya berserakan, dan kita kayak diajak nyusun satu-satu. Leonard Shelby (Guy Pearce), seorang pegawai asuransi dengan karakter disiplin, memperlihatkan foto orang yang tewas dengan banyak darah di sekelilingnya. Setelah itu gambar di foto seperti hilang menandakan kalau alur cerita mundur. Dalam memorinya yang sepotong-sepotong, ada cerita soal dia trauma berat karena istrinya diperkosa, sementara dia sendiri diserang secara brutal. Trauma berat itu bikin rusak memorinya. Karena punya sikap disiplin itu, Leonard adalah orang yang selalu mencatat kejadian. Soalnya dia yakin kalau memori pikiran bisa kacau, dan catatan yang bikin semua kejadian bisa dipastiin. Catatannya tu sendiri bukan dibikin di buku, melainkan dijadiin tato di tubuhnya.... Bad assss!

Baca juga: Asmara Abigail: Hidup Lebih Menarik Dengan Unsur Kejutan

Rasa penasaran dikunci bukan pakai pertanyaan "habis ini kejadiannya apa?", tetapi pake pertanyaan "emang sebelumnya ada apa?". Buat lo yang suka penasaran, 7 film berikut tentu nggak boleh dilewatin gitu aja.

Punya rekomendasi film lain yang punya twist cerita nggak ketebak? Coba dong bagi-bagi cerita lo di sini.

Setuju sama tulisan di atas? Atau punya opini lain? Tulis opini lo di sini

dan dapetin 500 Whatever Points.

TOGETHERWHATEVER

Temen buat explore dan temuin pengalaman baru setiap hari

You May Also Like:

Image

Apa Nama Band Paling Aneh yang Pernah Lo Denger?

By TOGETHERWHATEVER

Apakah nama sebuah band benar-benar ngegambarin corak musik dan karakter personelnya?

Image

Mitos Atau Fakta: Urban Legend Yang Ada Di Jakarta

By TOGETHERWHATEVER

Kayak penduduknya yang majemuk, begitu juga berbagai cerita seputar Jakarta. Ada yang unik, lucu, romantis dan tentunya...horor!

Image

Gimana kalo Mad Dog The Raid dan Ibu Pengabdi Setan Dibuatin Film Spin-Off?

By TOGETHERWHATEVER

Biar enggak kalah dari Milly, Mamet, Wolverine atau Han Solo

Image

Cek 5 Senjata Khas Indonesia yang Bisa Gantiin Palu Thor

By TOGETHERWHATEVER

Udah nonton film Thor: Ragnarok dong? Kayaknya sih berasa tinggal di Planet asing aja gitu kalau belum nonton

Image

Ini 7 Tempat Manggung di Jakarta yang Wajib Lo Tau

By TOGETHERWHATEVER

Jakarta di tengah “ruang-ruangnya yang sempit” dan bisnisnya yang serba “kejar setoran” ternyata masih bisa menyisakan tempat manggung buat band-band keren.