Serba canggih, 6 resto ini pekerjakan robot untuk layani tamu

Para pelayan resto punya saingan berat nih.

Perkembangan teknologi yang begitu pesat memunculkan beragam inovasi yang membantu memudahkan kegiatan manusia. Bahkan dalam beberapa dekade terakhir, sejumlah negara berlomba-lomba menciptakan teknologi mutakhir yang bertujuan mempermudah pekerjaan manusia di masa mendatang. Salah satunya dengan mengembangkan teknologi robot.

Saking canggihnya sudah mulai banyak diciptakan robot-robot yang bisa menggantikan peran manusia dalam suatu pekerjaan. Perkembangan teknologi inilah yang kini dilirik oleh berbagai perusahaan, termasuk dalam sektor kuliner. Robot-robot tersebut dimanfaatkan untuk jadi 'pekerja' di restoran.

Alasannya, selain memotong anggaran dana yang diperlukan untuk membayar gaji pekerja manual. Biaya maintenance atau perawatan robot memang cenderung lebih murah, dan tentunya dapat bekerja dalam jangka waktu yang lebih lama. Penasaran resto mana aja sih yang sudah punya karyawan sebuah robot? Yuk langsung cek ulasan berikut ini.

1. Robot Restaurant 20, China


Foto: muyvirtual.com

Pemandangan berbeda akan kamu temukan saat makan di restoran satu ini. Di sini pengunjung bakal dilayani oleh robot warna-warni yang bekerja layaknya pelayanan resto pada umumnya. Robot-robot di resto ini bisa melakukan banyak pekerjaan lho, mulai dari jadi pelayan, menyambut tamu di pintu masuk, menyajikan makanan, hingga memasak. Robot Restaurant 20 yang ada di Kunshan, China ini jadi bukti kalau robot bisa diciptakan untuk membantu pekerjaan manusia.

2. Robot Restaurant, Tokyo


Foto: slate.com

Di distrik Kabukicho, Tokyo, Jepang ada sebuah kafe yang pelayannya adalah robot. Selama di sini kamu bakal digoda dengan atraksi robot yang menawan. Ruangan gemerlap, light show hingga suara musik serasa memenuhi ruangan. Kafe ini menghadirkan wajah lama Jepang yang dibalut dengan nuansa modern.

3. Robo Cafe, Vietnam


Foto: vietnamnet.vn

Robo Cafe merupakan kafe pertama di Vietnam yang konsep pelayanannya menggunakan robot. Robot unik itu bernama Mortar. Tugas dari robot ini ialah untuk melayani dan mengantarkan minuman kepada para pengunjung. Pada bagian wajahnya, Mortar juga dilengkapi dengan layar sentuh, yang memungkinkan pengunjung memilih pesanan. Selain kehadiran sang robot, keunikan lain dari cafe ini ada pada desain ruangannya yang futuristik serasa di dalam pesawat luar angkasa.

4. Rong Heng Seafood Restaurant, Singapura


Foto: AsiaOne.com

Sebuah restoran seafood di kawasan East Coast Park, Singapura, juga mempekerjakan robot sebagai pelayan. Robot bernama Lucy dan Susan itu memiliki tugas pokok mengantarkan makanan ke meja pengunjung. Karena robot tersebut belum efektif untuk menangani pekerjaan lainnya, pengunjung masih bakal dilayani oleh pelayan manusia.

5. Hajime Restaurant, Thailand


Foto: psychoyouth.com

Hajime, merupakan salah satu restoran Yakiniku berbasis digital yang ada di Bangkok, Thailand. Uniknya, hampir semua proses pelayanan menggunakan teknologi canggih. Termasuk sang pelayan. Resto yang berada di kawasan Monopoly Park ini menggunakan robot untuk melayani pengunjung. Menariknya lagi, robot pelayan di sini didandani ala tentara Jepang yang pandai menari mengikuti musik yang diputar dalam resto sambil mengantarkan pesanan pengunjung lho.

6. Outlet Pizza, Pakistan


Foto: YouTube.com

Sebuah outlet pizaa di Pakistan menawarkan pelayanan dalam bentuk canggih, yakni dengan bantuan robot. Restoran pizza yang sering dikunjungi kalangan atas di Multan ini menyediakan pelayan berupa robot yang siap mengantarkan pesanan ke meja-meja pelanggan. Ada tiga robot yang ditugaskan untuk melayani pelanggan, Rabia, Annie dan Jennie namanya. Menariknya lagi, ketiga robot ini didandani layaknya pelayan wanita dengan bibir tersenyum.

Disclaimer
Artikel ini merupakan tulisan pembaca TogetherWhatever.id. Isi tulisan diluar tanggung jawab togetherwhatever.id. Klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat, silakan hubungi TogetherWhatever.id dengan mengirimkan email ke info@togetherwhatever.id

 

Setuju sama tulisan di atas? Atau punya opini lain? Tulis opini lo di sini

dan dapetin 500 Whatever Points.

You May Also Like:

Image

Nikmati olahan vegetarian di 5 resto vegan di Jakarta ini

By Miftahud Daroini

Kehadiran restoran ini jadi oase buat vegetarian yang bosan dengan olahan makanan yang gitu-gitu mulu.

Image

Rekomendasi tempat makan sushi termaknyus di Jaksel

By Putra Marenda

Saatnya manjakan lidah kalian dengan sushi terenak di Jakarta Selatan!

Image

Biar gak bosen, cobain 5 resto di Jogja yang punya konsep unik & asik

By Putra Marenda

Yuk intip restoran mana aja yang paling unik di Jogja!

Image

5 Kafe Tematik super unyu di Singapura yang patut lo coba

By Miss Tya

Tak hanya menyajikan makanan enak saja, namun juga suasana yang menyenangkan sekaligus instragamable.

Image

5 Resto di Jogja yang punya rooftop ini cocok buat malem mingguan

By Putra Marenda

Malem minggu gak boleh kelabu, karena 5 resto ini siap menghiburmu.