Gacoan Sneakers: Kombinasi Gokil Sneakers dan Art

Gak cuma jadi alas kaki aja, sneakers juga bisa dimanfaatin jadi mediun karya seni

by TOGETHERWHATEVER

Siapa sih yang gak tertarik buat koleksi sneakers? Sneakers itu udah jadi item fashion yang basic buat semua orang. Mau dibawa kasual? Hayuk! Mau dibawa ke acara formal? Ya gak masalah. Jadi jangan heran kalau sekarang banyak komunitas yang berhubungan dengan sneakers.

Baca juga: Asah Kreativitas Di Pusat-Pusat Kreatif Jakarta

Pada acara MARKAS Kaskus 2018 yang diadain di Bintaro Xchange, 28-29 April kemarin, Together Whatever ketemu nih sama satu komunitas asyik yang aktivitasnya fokus sama sneakers. Namanya rada unik, yaitu Gacoan Sneakers.

Jadi, Gacoan Sneakers itu member-nya baru lima, tapi bukan berarti sepi peminat. Forumnya diskusinya aja lumayan rame dikunjungin. Kali ini, Together Whatever ngobrol bareng sama Gilang Rizky, Andika Pradika yang jadi dedengkot di Gacoan Sneakers. Simak wawancaranya berikut ini, kuy!

Together Whatever (TW): Bisa diceritain gak awal mula tercetusnya ide bikin komunitas Gacoan Sneakers?

Gilang: Awalnya sih kami temen nongkrong doang di kampus. Setelah dicari kesamaannya, kami sama-sama punya interest sama sneakers. Akhirnya kami coba buat kelompok yang gak cuma buat nongkrong doang, tapi juga nambahin value dari kegiatan nongkrong tersebut. Akhirnya tercetuslah Gacoan Sneakers pada akhir 2014.

TW: Gacoan artinya kan andalan tuh, kenapa milih nama Gacoan?

Gilang: Iya betul banget. Awalnya emang dari dulu kami kan koleksi sneakers itu emang buat dipake, bukan buat dipajang. Jadi, kadang ada tuh sneakers favorit yang keliatan paling sering dipake, nah kami nyebutnya ‘gacoan’. Akhirnya, ya kami pake nama Gacoan Sneakers buat komunitas kami.

TW: Sekarang Gacoan udah punya berapa member?

Gilang: Sebenernya sih sampai sekarang kami masih private community gitu. Belum ada member dari luar, tapi gak nutup kemungkinan sih kalo ada yang mau gabung. Sampe sekarang membernya masih lima, yaitu gue, Andika Pradika, Daniswara, Farell Radizky dan Bayu Wima.

TW: Kalau ngomongin sneakers kan biasanya ada yang fanatik sama satu brand tertentu, kira-kira di Gacoan gimana kondisinya?

Gilang: Kami ga masalah kok brand apa pun itu, yang penting kan kebersamaannya. Tapi kebetulan banget kami emang punya koleksi brand yang sama, yaitu Converse dan Vans. Kebetulan beberapa member kami, kayak Dika ini bisa main skateboard, jadi brand tersebut emang yang paling nyambung sama komunitas kami.

TW: Sekarang mulai bermunculan brand sneakers lokal nih, gimana pendapat kalian tentang ini?

Dika: Brand lokal sebenarnya gak kalah kualitasnya sama brand internasional. Jadi, tantangannya ya kegiatan branding. Kalo kuat, mungkin aja nantinya bisa bersaing sama brand internasional di sini.

Baca juga: Ini Buktinya Kalo Kaset Musik Masih Punya Penggemar

TW: Selain koleksi sepatu, kegiatan apa lagi yang biasa dilakuin sama Gacoan Sneakers?

Dika: Kami juga udah mulai bikin kegiatan lain kayak misalnya bikin artwork di sepatu. Gue kan hobi mural dan grafiti, jadi pas gabung komunitas ini ya gue coba aplikasikan di sneakers. Challenge-nya lumayan sih, seru aja kami jalaninnya.
Danis: Kayak buat acara MARKAS ini, spesial banget karena kami dapet kesempatan buat bikin acara lelang sneakers yang udah di-custom. Gacoan kolaborasi sama artis mural yaitu Muklay. Sepatu itu dapat bid tertinggi Rp 1.050.000. Buat Gacoan, itu prestasi dan bentuk penghargaan.

TW: Nah, itu kan ada peluang buat ngehasilin uang tuh dari custom sneakers? Apa udah kepikiran buat mulai serius jadi entrepreneurship?

Dika: Sejauh ini sih belum. Kami emang belum secara gamblang buka order buat custom sneakers. Sejauh ini, baru orang-orang sekitar komunitas kami aja yang minta dibikinin buat custom. Kami juga belum patok harga tertentu buat custom sneakers.

TW: Apa ide kalian yang paling wild agar bisa memajukan Gacoan Sneakers?

Dika: Kami pengen Gacoan gak cuma sekadar berhubungan sama sneakers aja. Kami udah mulai berpikir untuk bikin karya lain yang tentunya bisa meningkatkan value dari anggotanya. Ke depannya, kami pengen agar karya kami lebih dikenal. Mulai dari custom sneakers sampai bikin handicraft. Kami pengen semua pencinta sneakers bisa memiliki ide untuk membedakan sneakers miliknya dengan milik orang lain. Jadi bisa nunjukin personifikasi dari yang punya itu sendiri. Selain itu, karena kami base-nya juga dari mural, jadi kami buka peluang bikin artwork di media apapun, dari fisik hingga digital. Jadi itu rencana untuk ngembangin Gacoan ini.

TW: Apa pengalaman menarik yang kalian dapat dari MARKAS Kaskus 2018?

Gilang: Buat MARKAS kali ini lumayan menarik. Kami bisa ketemu orang-orang dari komunitas lain. Salah satunya Leather Faculty. Buat gue sih komunitas itu menarik, karena punya root yang hampir sama kayak sneakers. Bikin atau custom handicraft. Mungkin nantinya kami bisa kolaborasi bersama.

TW: Apa makna ungkapan ‘Together Whatever’ buat Gacoan Sneakers?

Dika: Buat Gacoan sendiri sebenarnya maknanya cukup besar. Artinya, walaupun kami cuma berlima, tapi kalau emang punya tujuan yang sama dan komitmen buat melakukannya, kami bisa lewatin tantangan apapun.

Baca juga: Cek 5 Senjata Khas Indonesia Yang Bisa Gantiin Palu Thor

Pengen tau cerita dari komunitas seru lainnya yang berpartisipasi di MARKAS? Pengan tau ada kegiatan apa di acara itu? Kuy daftar aja dulu di sini. Selain bisa dapat info seru, lo nanti juga bisa dapat update terbaru soal acara Together Whatever selanjutnya lho!
 

Setuju sama tulisan di atas? Atau punya opini lain? Tulis opini lo di sini

dan dapetin 500 Whatever Points.

TOGETHERWHATEVER

Temen buat explore dan temuin pengalaman baru setiap hari

You May Also Like:

Image

Tips Dapat Barang Murah Dengan Cara Bidding? Check it Out!

By TOGETHERWHATEVER

Cara mudah dapat barang idaman kamu dengan murah.

Image

6 Film Dokumenter Perempuan Hebat yang Wajib Lo Tonton

By TOGETHERWHATEVER

Ngerayain Hari Kartini pas weekend makin seru kalau nonton film-film ini.

Image

Nyari Makan Chill Bisa Jadi Thrill di Pasar Sore Benhil

By TOGETHERWHATEVER

Mau rasain sensasi beda nyari makanan? Coba deh mampir ke Pasar Sore Benhil?

Image

Serba Serbi Kehidupan Di Blok M

By TOGETHERWHATEVER

Selalu ada cerita yang menarik di balik Blok M, mulai dari makanan, hiburan, dan budayanya.

Image

Belajar dari Snapchat, Ini Alasan Sosmed Harus Bikin Seleb Buzzer Nyaman

By TOGETHERWHATEVER

Ada yang masih main Snapchat? Baca dulu deh tulisan ini.