Ke Pasar Cuma Gara-gara Disuruh Nyokap? Lo Mesti Cobain 5 Hal Ini!

Satu lagi destinasi liburan antimainstream ala Together Whatever

by TOGETHERWHATEVER

Ke pasar bukan cuma kewajiban nyokap aja lho. Sekali-kali lo harus pergi juga. Yah, meskipun bukan pasar tradisional depan komplek, tempat biasanya mbok sayur suka kepo sama statuslo yang jomblo atau nostalgia zaman SD saat digandeng-gandeng nyokap belanja. Pasar tradisional yang lagi diomongin ini adalah pasar tradisional lokal di kota tujuan liburanlo berikutnya.

Baca juga: Liburan Ala Traincation, Yuk!

Lah, kalo pasar tradisional deket rumah aja lo nggak pergi, ngapain jauh-jauh backpacking nyebrang lautan cuma buat ke pasar tradisional? Eits, jangan salah. Mampir ke pasar tradisional di destinasi tujuan traveling lo banyak manfaatnya, plus bisa bikin liburan lo jadi tak terlupakan. Untungnya lagi, banyak pasar tradisional yang buka dari pagi, jadi lo bisa mampir ke sini sebelum berangkat ngikutin itinerary.

Nggak percaya? Coba cek hal-hal yang bisa lo lakuin di pasar tradisional berikut ini.

Nyobain Makanan Khas

Yah, logikanya kalo lo mau cari makanan tradisional, lo nggak bakalan ke restoran sih. Apalagi kalau tempat yang lo datengin itu termasuk destinasi yang populer, dijamin makanannya juga udah dimodifikasi sesuai selera turis. Makanan yang masih asli dimasak sama penduduk setempat biasanya ada di pasar tradisional.

Ngobrol sama Penduduk Setempat

Lupain dulu trauma diinterogasi Mbok Sayur soal jodoh, kalo lo mampir ke pasar tradisional, ngobrol sama orang-orang di sana adalah wajib. Bukan mau jadi lambe pasar, tapi buat cari tahu tentang daerah tujuan wisata atau makanan yang bakal lo beli. Siapa tau Abang yang jualan soto ceker di Pasar Krenengan Denpasar itu bisa kasih saran pantai mana yang baiknya lo datengin bareng temen-temen.

Belanja Oleh-Oleh

Di pasar tradisional, harga barang biasanya lebih ramah di kantong. Jadi ini kesempatan lo cari oleh-oleh buat teman sekantor tanpa harus tekor. Kalo beli banyakan bisa ditawar lagi. Kayak di Pasar Cakranegara di Mataram yang sering jadi tujuan one-stop-shopping juga buat para turis. Kerennya lagi, kadang-kadang barang di pasar tradisional itu nggak lo temuin di tempat lain, jadi oleh-oleh yang lo bawain bakalan nggak ada duanya.

Baca juga: Ini Cara Asik Eksplorasi Indonesia Bareng Temen

Lokasi Foto Instagram-able

Banyak yang nggak aware bahwa pasar tradisional itu fotogenik. Coba bayangin warna-warna buah segar atau dinamisnya interaksi orang di pasar. Kalo semua itu bisa lo capture dalam satu frame, lo bakalan punya foto instagram-able tanpa harus naik gunung tinggi atau mencari pantai perawan melewati jalanan rusak belum diaspal. Beberapa pasar tradisional seperti Pasar Karetan di Kendal malah udah mengadaptasi konsep spot buat selfie.

Bantu Ekonomi Lokal

Kedengerannya emang keren. Lo jadi pahlawan hanya dengan belanja? Kok bisa? Barang-barang yang ada di pasar tradisional biasanya berasal dari lahan penduduk sekitar. Biasanya yang belanja di sini kan orang-orang yang tinggal di sekitar pasar tradisional aja dan uangnya bakalan muter doang. Jadi kalo lo sebagai turis beli barang lokal, secara nggak langsung, lo udah nambahin penghasilan mereka juga.

Baca juga: Jangan Lakukan 7 Kesalahan Ini Pas Pertama Traveling

Punya alasan lain yang bisa bikin pasar jadi salah satu alasan destinasi pas lagi liburan nanti? Coba dong lo share di sini. Lo nanti bakal dapat point yang bisa ditukar reward menarik.
 

Setuju sama tulisan di atas? Atau punya opini lain? Tulis opini lo di sini

dan dapetin 500 Whatever Points.

TOGETHERWHATEVER

Temen buat explore dan temuin pengalaman baru setiap hari

You May Also Like:

Image

Casey Neistat ke Jakarta, Harusnya ke Sini Aja!

By TOGETHERWHATEVER

7 Tempat rekomendasi yang harusnya masuk di vlog sang Youtuber di Jakarta

Image

Asal Together, Nggak Usah Minder Ngadepin Roller Coaster

By TOGETHERWHATEVER

Keberadaan temen perjalanan itu nggak cuma bikin traveling makin fun, tapi juga bisa bantu lo ngadepin hal-hal yang paling lo takutin.

Image

Glamping: Kemah Gak Pake Ribet!

By TOGETHERWHATEVER

Wisata Glamping, a perfect weekend getaway bareng temen-temen lo.

Image

Netflix and... chill?

By TOGETHERWHATEVER

Mau tahu beda sensasi nonton film di tv sama bioskop?

Image

Jelajah Nostalgia di Pasar Baru

By TOGETHERWHATEVER

Awalnya, Pasar Baru adalah sebuah Kawasan perbelanjaan elit warga ekspatriat karena lokasinya yang berada di kawasan hunian elit di Jakarta saat itu