5 Taman Nasional Buat Tujuan Wisata Anti Mainstream

Pilihan liburan yang gak banyak makan biaya tapi tetap seru!

by TOGETHERWHATEVER

Ada banyak taman nasional di Indonesia yang bisa jadi tujuan wisata menarik buat jalan jalan bareng temen-temen lo karena nawarin keindahan alam dan petualangan seru. Dan yang paling penting, lo gak terlalu nguras tabungan buat beli tiket pesawat internasional atau ngurus visa. Selain nawarin keindahan alam atau kekayaan faunanya, beberapa taman nasional juga punya beberapa atraksi menarik lho! Apa aja sih taman nasional di Indonesia yang menarik buat dikunjungin? Kuy, simak deh tulisan berikut.

Baca juga: Dilema Belanja Oleh-Oleh Saat Traveling Dan Cara Ngelesnya

Taman Nasional Baluran

Pengen punya foto-foto keren di padang savana dengan rumput yang menguning buat di-post di Instagram? Gak usah jauh-jauh pergi liburan ke Afrika. Lo bisa nih ajak temen-temen lo pergi ke Taman Nasional yang terletak di daerah perbatasan Situbondo-Banyuwangi di Jawa Timur. Kalo datang pas lagi musim hujan sih taman nasional ini terlihat hijau dan rimbun. Tapi kalo datang pas musim kemarau di pertengahan tahun, pohon meranggas dan rerumputan berubah jadi kuning. Taman nasional ini punya sekitar 446 jenis tumbuhan, 26 jenis mamalia, dan 155 burung. Kalo jalan jalan di dalamnya, lo tentu aja bakal ngerasa kayak lagi bersafari di Afrika.

Taman Nasional Komodo

Sesuai namanya, fungsi utama taman nasional ini emang sebagai habitat perlindungan Komodo. Waktu yang tepat untuk berkunjung ke sini adalah antara bulan Juni sampai Agustus, karena pada saat itu kondisi ombak laut sedang tenang. Periode tersebut juga jadi waktu yang tepat buat ngeliat komodo karena merupakan musim kawin komodo. Masa kawin binatang ini emang biasa berlangsung hanya 2 bulan dalam setahun. Selain buat ngamatin komodo, panorama alam di taman nasional ini indah banget. Terletak di sabuk Wallacea, wisatawan bisa menikmati gabungan unik dari flora dan fauna yang khas. Buat yang suka diving, perairan sekitar taman nasional ini punya spot nyelam yang keren dengan lebih 1000 spesies ikan dan 260 lebih spesies karang.

Taman Wisata Baturraden

Baturraden yang terletak di kaki Gunung Slamet sesungguhnya nawarin beberapa obyek wisata menarik. Di taman wisatanya, lo bisa nikmatin keunikan Pancuran Pitu dan Pancuran Telu yang memancarkan sumber air panas. Beberapa orang percaya kalo air panas di kedua air terjun ini mencapai 6 derajat celsius dan mengandung belerang yang ampuh buat nyembuhin penyakit kulit. Nggak jauh dari situ, buat pencinta petualangan ekstrem, kudu banget ngunjungin Baturraden Adventure Forest. Di sini, lo bisa camping sambil nikmatin beberapa atraksi seru, dari outbound, raffling sampai canyoning. Kalo pengen aktivitas lebih santai, bisa juga nyoba bersepeda ngelilingin daerah Baturraden sambil menikmati panorama alamnya yang indah

Baca juga: 7 Cafe Seru Buat Main Boardgame Bareng Teman-Teman

Taman Nasional Laut Wakatobi

Buat yang suka banget aktivitas air, wajib banget deh berwisata ke sini. Taman nasional laut Wakatobi bisa dibilang surga buat yang pengen nikmatin panorama bawah laut yang indah beserta aneka ragam fauna dan terumbu karangnya. Taman nasional ini terdiri dari empat pulau besar, yaitu Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko. Gugusan kepulauan ini terletak di kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Pencinta diving wajib buat datang ke sini. Selain nawarin hampir 100 spesies ikan berwarna-warni, ada juga beberapa gua bawah laut di sepanjang karang yang ada di dalamnya. Kalo pengen jenis aktivitas yang lebih santai, bisa juga island hopping sambil mengamati beberapa spesies fauna seperti penyu, angsa batu cokelat dan cerek melayu yang terlihat sering beraktivitas di sekitar daerah pesisir pantai.

Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

Taman nasional ini adalah rumah dari tiga satwa langka di Indonesia, harimau sumatra, badak, dan gajah. Selain itu, area taman ini juga menjadi tempat konservasi penting buat tanaman langka Raflesia Arnoldi dan Amorphoppallus. Taman Nasional Bukit Barisan Selatan terbentang seluas 356.800 hektar dan masuk dalam daerah administrasi provinsi Lampung dan Bengkulu. Panorama hutan yang indah dengan kekayaan ragam flora dan faunanya cukup menarik buat dieksplorasi. Lo bisa juga melakukan aktivitas bird watching pada pagi hari. Kalo pengen lihat aktivitas satwa liar yang hidup di sini, kayak harimau dan badak, wisatawan bisa menggunakan fasilitas pengintai berupa rumah kayu yang dibuat cukup besar dan dibangun di atas pohon.

Baca juga: Bikin Wisata Museum Lebih Seru Bareng Temen

Punya rekomendasi destinasi seru lain yang bisa dijadiin tempat seseruan bareng temen-temen lo? Kuy, sign up dulu di sini. Gak usah ragu buat ungkapin opini lo. Lo bisa dapat point yang bisa ditukar dengan reward menarik lho!
 

Setuju sama tulisan di atas? Atau punya opini lain? Tulis opini lo di sini

dan dapetin 500 Whatever Points.

TOGETHERWHATEVER

Temen buat explore dan temuin pengalaman baru setiap hari

You May Also Like: